Friday, January 26, 2018

I. Perilaku Organisasi-EKMO5101.01

General

Mahasiswa MM-UT dimanapun Anda berada, selamat berjumpa dalam tutorial fullyonline pada semester ganjil 2018. Selama perkuliahan online ini diharapkan mahasiswa bisa aktif berpartisipasi terutama dalam forum diskusi. Selamat belajar semoga ini tidak mengurangi kualitas perkuliahan kita.

Pesan kami sebagai Pengelola hanya sederhana: Alokasikan waktu untuk belajar selain untuk urusan bekerja dan keluarga; pelajari matakuliah yang diambil sesuai aturan dan tata cara yang ada dalam panduan (aktif diskusi dalam 8 inisiasi dan mengumpulkan 3 tugas. Selalu proaktif dalam diskusi online serta tingkatkan komunikasi dengan sesama mahasiswa yang mengambil matakuliah. Dengan metode pembelajaran ini diharapkan keaktifan semua mahasiswa dalam forum diskusi, pengumpulan tugas tepat waktu untuk mempermudah poses belajar mengajar kita

Sementara itu Anda bisa membaca dan mempelajari Bahan Ajar Perilaku Organisasi dan bisa memperkaya ilmu dengan menambah referensi dari jurnal nasional maupun internasional yang berkaitan dengan materi perilaku organisasi.

Terima kasih dan selamat datang di tutorial online.... Semangat.....
Salam

Tujuan Instruksional

Setelah melakukan proses belajar, maka pada akhir tutorial online ini mahasiswa diharapkan mampu:
1. Menjelaskan konsep dasar perilaku organisasi, perilaku individual dan proses pengambilan keputusan 
2. Menjelaskan konsep dasar motivasi
3. Menjelaskan konsep perilaku kelompok dan tim kerja
4. Menjelaskan konsep komunikasi
5. Menjelaskan kepemimpinan, kekuasaan, dan konflik
6. Menjelaskan struktur organisasi
7. Menjelaskan budaya organisasi
8. Menjelaskan perubahan dan pengembangan organisasi

PENGANTAR
__________________________________________________________

Saudara Mahasiswa,
Selamat bergabung dengan kami dalam kegiatan tutorial online Matakuliah Perilaku Organisasi (PO)/EKMA 5101. Perilaku biasanya selalu dihubungkan dengan manusia atau juga binatang, sesuatu mahkluk yang bernyawa. Namun, ternyata perilaku juga bisa dikaitkan dengan organisasi. Perilaku Organisasi, suatu bidang kajian yang menyelidiki pengaruh yang dimiliki oleh individu, kelompok, dan struktur terhadap perilaku dalam organisasi, bertujuan menerapkan ilmu pengetahuan semacam ini guna meningkatkan keefektifan suatu organisasi.

Perilaku dalam organisasi dibentuk oleh adanya interaksi antara individu dengan lingkungan organisasi seperti struktur, budaya, strategi, dan teknologi.

Perilaku Organisasi adalah sebuah bidang studi, yang berarti bahwa Perilaku Organisasi adalah sebuah bidang keahlian khusus yang mempunyai pokok ilmu pengetahuan yang umum. Apakah yang diajarkan? Perilaku Organisasi mengajarkan 3 faktor penentu perilaku dalam organisasi: individu, kelompok, dan struktur. Selain itu, Perilaku Organisasi menerapkan ilmu pengetahuan yang diperoleh tentang individu, kelompok dan pengaruh dari struktur terhadap perilaku untuk membuat organisasi bekerja secara lebih efektif.

Perilaku Organisasi terkait dengan studi mengenai apa yang dilakukan individu dalam suatu organisasi dan bagaimana perilaku mereka mempengaruhi kinerja perusahaan. Karena Perilaku Organisasi sangat berhubungan dengan situasi-situasi yang berkaitan dengan pekerjaan, Anda akan menemukan bahwa hal ini menekankan perilaku yang bersangkutan dengan pekerjaan, kerja, ketidakhadiran, perputaran karyawan, produktivitas, kinerja manusia, dan manajemen.

Oleh karena itu dengan bergabung di tutorial online pada Matakuliah Perilaku Organisasi ini, Anda akan mengetahui cakupan topik yang terdapat dalam Matakuliah ini yaitu pemahaman mengenai konsep perilaku organisasi, pengambilan keputusan, motivasi, komunikasi dalam organisasi, kepemimpinan, struktur organisasi, serta budaya organisasi.


EVALUASI AKHIR

  1. Bagi mahasiswa yang aktif mengikuti tutorial online sebanyak 8 kali dan mengerjakan 3 Tugas yang diberikan tutor tuton akan memperoleh nilai maksimal. Oleh karena itu, perhatikan jadwal tutorial online dengan seksama.
  2. Mahasiswa yang sama sekali tidak berpartisipasi dalam tuton akan memperoleh nilai E walaupun mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS) ataupun mengerjakan tugas-tugas yang lain.



JADWAL TUTORIAL dan TUGAS
Selain Anda diharapkan berpartisipasi secara aktif dalam tutorial online, Anda juga diharapkan mengerjakan Tugas sebanyak 3 tugas, seperti apa dan bagaimana bentuk tugasnya akan ditentukan oleh tutor tuton. Adapun tugas tersebut dapat Anda peroleh pada tempat yang sudah disediakan pada masing-masing tugas.

STRATEGI BELAJAR

  1. Tuton merupakan media belajar Anda disamping bahan ajar cetak dan tutorial tatap muka.
  2. Melalui Tuton, pedoman belajar akan disampaikan oleh tutor tuton dan beberapa materi yang disampaikan dapat dibahas dalam tutorial tatap muka.
  3. Dalam tuton akan diberikan pula tugas-tugas (3 tugas) yang harus Anda kerjakan dan dikumpulkan serta di nilai oleh tutor tatap muka.
  4. Di samping bahan-bahan tersebut, Anda juga perlu membaca berbagai literatur yang berkaitan dengan bahan ajar dan pembahasan. Bahan-bahan tambahan dapat Anda temukan dalam teks book yang banyak beredar di pasaran, majalah, ataupun bahan-bahan yang tersaji dalam website.
  5. Silakan Anda membaca isu-isu terbaru yang berkaitan dengan perilaku organisasi dari website, majalah, dan jurnal.
  6. Pada akhir semester, Anda harus menempuh Ujian Akhir Semester (UAS) yang umumnya berbentuk studi kasus. Oleh karena itu, sejak sekarang harap dibiasakan membahas kasus-kasus aktual yang disampaikan melalui online, tutorial tatap muka ataupun diskusi diantara Anda sendiri. Silakan dibahas dan digunakan sebagai sarana berlatih memecahkan masalah.
  7. Agar sistematis dan mudah menyusun argumentasi dalam membahas setiap permasalahan pergunakan teori atau konsep yang sesuai