Friday, January 26, 2018

III. Metode Kuantitatif-EKMO5103.03

Saudara mahasiswa,

Selamat bergabung dengan Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Terbuka dalam tutorial on line matakuliah EKMA 5103 Metode Kuantitatif.
Tutorial on line mata kuliah ini dibagi dalam 8 pertemuan. Saudara diharapkan dapat mengatur jadwal dan menyesuaikan dengan jadwal yang sudah kami susun agar saudara dapat memperoleh materi dan mengikuti diskusi dengan teratur serta mengerjakan tugas-tugas yang telah ditentukan.
Mata kuliah ini mencakup berbagai metode kuantitaif menggunakan alat-alat yang diperlukan untuk pengambilan keputusan seperti teori pengambilan keputusan, Analytical Hierarchy Process, analisis Input Output, analisis Programasi Linear, Analisis Markov, analisis antrian dan pemodelan simulasi, analisis frekuensi, korelasi, dan analisis model linier (regresi dan ANOVA), serta analisis Forecasting.
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, Saudara sebagai lulusan diharapkan dapat mengevaluasi berbagai model dan alat pengambilan keputusan.
Selamat Belajar

Saudara-saudara mahasiswa peserta tutorial EKMA5103 Metode Kuantitatif,
Materi Tutorial On Line ini sebagian besar dikembangkan oleh Bapak Deddy A. Suhardi yang fotonya tercantum pada Pelajaran 5. Untuk itu mari sama-sama kita sampaikan ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras yang beliau berikan. Selanjutnya materi Tuton ini diperkaya secara bersama-sama untuk melengkapi materi-materi yang diperlukan guna menambah pemahaman tentang mata kuliah Metode Kuantitatif yang akan dibahas secara berurutan menurut waktu dan jadwal yang telah ditentukan. Semoga semua mahasiswa dapat memperoleh manfaat dan pemahaman yang baik pada mata kuliah Metode Kuantitatif berikut ini. 


Pelajaran 1 : Teori Pengambilan Keputusan

Saudara-saudara mahasiswa peserta tutorial EKMA5103 Metode Kuantitatif,
Materi pembahasan tutorial ke-1 adalah Teori Pengambilan Keputusan. Materi ini akan membahas Teori Pengambilan Keputusan dan salah satu alat untuk pengambilan keputusan adalah Analitical Hierarchy Process (AHP). Silahkan Anda pelajari, kerjakan latihan-latihannya, serta diskusikan terlebih dahulu dengan teman-teman Anda topik diskusi yang terdapat di bagian akhir masing-masing tulisan. Akhirnya untuk melengkapi pembahasan pada Tutorial pertama ini diajukan satu diskusi yang harus ditanggapi oleh semua mahasiswa, guna memperoleh nilai diskusi dalam matakuliah ini.
Terima kasih dan selamat belajar ...!
Semoga sukses...